Jangan Sepelekan! Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kutil di Penis

Kutil di Penis, Jangan Sepelekan Penyebabnya!

  • August 5, 2021

Kutil adalah salah satu jenis penyakit kulit yang dapat terjadi dibagian tubuh mana saja. Penyakit kulit ini umumnya disebabkan oleh virus bernama human papilloma virus (HPV). Jika penyakit ini tumbuh di kelamin, seperti munculnya kutil di penis, jelas akan membuat penderitanya menjadi tidak nyaman serta kurang percaya diri. 

Kemungkinan penyebab kutil di penis

Penderita kutil di penis atau kelamin akan merasakan beberapa gejala berupa rasa gatal pada penis, gatal yang disertai nyeri, hingga timbulnya sensasi rasa terbakar pada penis. Tak hanya dapat muncul pada bagian penis, kutil juga bisa terdapat pada bagian skrotum, pangkal paha, dan bahkan sekitar anus.  Lalu, bagaimana sebenarnya virus ini bisa menginfeksi seseorang? Simak penjelasan berikut:

1. Hubungan seksual yang tidak aman

Orang yang aktif secara seksual tanpa menerapkan “safe sex” cenderung lebih mudah terkena virus HPV yang dapat menyebabkan timbulnya kutil pada penis. Saat kelamin penderita HPV bersentuhan langsung dengan kelamin pasangannya, bisa jadi disitulah virus dapat menular. Tak hanya lewat kelamin, anal sex juga bisa memicu terjadinya perpindahan virus yang akhirnya juga dapat menyebabkan timbulnya kutil dibagian anus.

2. Sering bertukar pasangan

Sering bertukar pasangan sex akan membuat seseorang lebih rentan terkena human papilloma virus (HPV). Saat bergonta-ganti pasangan, kita tidak tahu apakah orang tersebut bebas dari penyakit-penyakit berbahaya seperti HPV serta AIDS yang dapat menyebabkan masalah-masalah serius pada kelamin.

3. Sharing alat bantu sex (sex toys)

Alat bantu sex yang digunakan secara bergantian dengan penderita HPV dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit kulit pada kelamin seperti kutil di penis. Ini disebabkan oleh pindahnya virus yang menempel pada alat bantu sex yang tidak dibersihkan dulu sebelumnya.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit kutil di penis. Sebenarnya, penyakit ini bisa dihindari dengan menerapkan sex yang sehat setiap kali ini melakukan aktifitas seksual. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko terkena kutil pada penis dengan menerapkan “safe sex”:

4. Menggunakan alat pengaman 

Sex dengan alat pengaman adalah cara yang paling baik untuk melindungi kelamin dari berbagai masalah serta penyakit kelamin yang bisa saja mengintai. Dengan menggunakan alat pengaman, resiko tertular penyakit dapat dengan mudah diminimalisir serta dihindari.

5. Jangan bertukar pasangan

Seringnya bertukar pasangan sex sebenarnya hanya akan menimbulkan dampak buruk setelahnya. Sebab, cairan atau darah yang tertukar saat melakukan hubungan sex dengan orang yang mungkin terkena penyakit seksual akan sangat mudah membuat pasangan terkena penyakit yang sama. Untuk itu, sebaiknya hentikan kebiasaan bergonta-ganti pasangan jika tidak mau merasakan resiko penyakit kelamin yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

6. Stop berbagi alat bantu sex

Penggunaan alat bantu sex bersamaan dengan orang lain hanya akan memicu berbagai penyakit muncul mulai dari gatal, infeksi, hingga pindahnya virus HPV pada kelamin. Untuk mengurangi resiko, hentikan penggunaan alat bantu sex bersamaan dengan orang lain.

7. Rutin periksakan ke dokter

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko terkena kutil di penis adalah dengan rutin memeriksakan kesehatan kelamin pada dokter. Dengan rutin memeriksakannya, penyakit-penyakit yang bisa saja mengintai alat kelamin, seperti kutil di penis dapat segera diminimalisir dan cepat diatasi.

Hamlin

E-mail : admin@k-koakuma.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*