Apakah Penyakit Albuminuria Berbahaya? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!

  • September 17, 2021

Penyakit albuminuria merupakan penyakit yang menyerang organ ekskresi berupa ginjal. Orang yang mengidap penyakit albuminuria atau ‘ginjal bocor’ akan mengalami pengeluaran protein secara berlebihan dalam urin sehingga urin yang dikeluarkan memiliki warna yang lebih pekat dan terkadang berbusa. Beberapa orang mungkin masih agak awam dengan penyakit albuminuria, namun apakah penyakit berbahaya dan perlu diwaspadai?

Ginjal bocor adalah sebutan "akrab" dari kondisi proteinuria.

Apa yang Membuat Albuminuria Berbahaya?

Penderita albuminuria harus ditangani dengan serius serta memerlukan konsultasi dan pengobatan dari dokter. Penyakit ini tergolong sebagai penyakit yang perlu diwaspadai karena menimbulkan efek jangka panjang jika tidak diatasi. Penyakit ini akan menimbulkan sindrom nefrotik, yakni penimbunan air dalam tubuh yang pada akhirnya menyebabkan penderita mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuh.

Penyakit albuminuria dapat menyerang orang pada usia berapa pun. Meskipun demikian, penyakit ini akan lebih membahayakan apabila menyerang seseorang yang sudah lanjut usia dan jarang berolahraga. Pola makan yang kurang sehat juga akan memperburuk penyakit albuminuria. Hal ini dikarenakan cairan kimia yang dikonsumsi tubuh akan membuat kinerja ginjal semakin berat.

Meskipun penyakit ini berbahaya, namun masih terdapat batas toleransi dari keberadaan protein yang dilepaskan glomerulus ke urin. Jika kadar protein masih berkisar antara 5 – 10 miligram per hari, maka albuminuria tidak akan terlalu berisiko dan masih dapat ditangani dengan mudah. Albuminuria yang berisiko tinggi adalah ketika kandungan protein pada urin telah mencapai jumlah 30 sampai dengan 300, atau melebihi 300 miligram per hari.

Apa Saja Penyebab Munculnya Albuminuria?

Mengingat bahaya yang ditimbulkan dari penyakit albuminuria, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab atau pemicu munculnya albuminuria. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat menghindari hal-hal tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya albuminuria.

1. Dehidrasi

Penyebab utama dari penyakit albuminuria adalah dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka dapat menyebabkan fungsi-fungsi vital dalam tubuh terganggu. Salah satu organ tubuh vital yang akan mengalami gangguan dari kurangnya asupan cairan adalah ginjal. Ginjal sangat membutuhkan air putih yang cukup agar dapat berfungsi secara baik. Oleh karena itu, minumlah air putih dalam jumlah yang cukup untuk menghindari penyakit albuminuria.

2. Nefropati diabetik

Nefropati diabetik adalah penyebab lain dari penyakit albuminuria. Jika Anda mengalami nefropati diabetik, glomerulus yang terdapat pada ginjal akan menebal. Hal ini akan berakibat pada menurunnya fungsi glomerulus untuk menyaring zat sisa metabolisme tubuh. Kondisi inilah yang kemudian akan memicu protein keluar dari ginjal dan ikut terbawa dalam urin sehingga menyebabkan albuminuria. 

3. Preeklamsia

Penyebab dari albuminuria berikutnya adalah preeklampsia atau komplikasi kehamilan. Komplikasi kehamilan merupakan komplikasi pada ibu hamil yang ditandai dengan hipertensi dan tingginya kandungan protein pada urin ibu hamil (proteinuria). Dalam beberapa kasus, keadaan tersebut dapat membuat penglihatan ibu menjadi kabur, bayi meninggal dalam kandungan, hingga kematian ibu. Oleh karena itu, preeklampsia harus dicegah dengan menjaga kesehatan dan asupan ibu hamil. 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang penyakit albuminuria dan penyebabnya. Penyakit ini cukup berbahaya dan memiliki efek jangka panjang sehingga pencegahan sedini mungkin perlu dilakukan. Pastikan Anda rutin minum air putih serta memiliki gaya hidup sehat guna mencegah penyakit ini.

Mengenal Rapid Test dan Cara Kerjanya

  • September 16, 2021

Covid-19 yang juga berdampingan dengan kehidupan sehari-hari sedikit banyak memang membawa bermacam perubahan. Memperketat kebersihan, terus menjaga kesehatan, hingga rutin melakukan test covid akhirnya menjadi hal yang wajib dilakukan. Salah satu Test covid yang dilakukan adalah Rapid Test Antigen. Rapid Test Antigen adalah salah satu test yang dilakukan untuk mendeteksi dan memeriksa kondisi tubuh apakah terdapat virus berbahaya atau tidak didalam tubuh melalui pemeriksaan darah. Pengetesan ini dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan seseorang apakah didalam darah terdapat tanda penurunan antibodi akibat virus. 

Bagaimana cara kerja Rapid Test Antigen?

Tim medis akan mengambil sedikit sampel darah melalui alat yang dimasukkan lewat jari berbentuk jarum kecil kemudian sampel darah akan diperiksa dan diteliti lebih lanjut untuk mencari IgG dan IgM dalam darah. 

Apa maksud IgG dan IgM dalam darah?

IgG dan IgM adalah jenis antibodi yang berkembang di dalam darah. 

IgG: muncul lebih lambat, namun ia juga bisa bertahan lebih lama dan menangkal infeksi yang sama di kemudian hari

IgM: antibodi yang diproduksi tubuh lebih awal  atau saat pertama kali terinfeksi oleh virus untuk melindungi tubuh

Kapan saat yang tepat untuk melakukan Rapid Test Antigen?

– Saat mengalami gejala demam, batuk, atau kesulitan bernapas

– Berada dilingkungan yang rentan terpapar covid-19

– Sedang tinggal atau baru saja bepergian ditempat yang terkontaminasi langsung dengan pasien covid-19

– Kontak langsung dengan pasien covid-19

– Saat baru dari covid-19

Bagaimana prosedur Rapid Test Antigen?

– Tim medis akan membersihkan permukaan jari menggunakan cairan pembersih atau alkohol

– Setelahnya tim medis akan mengambil sedikit sampel darah yang dilakukan dengan memasukkan alat berbentuk jarum halus pada jari

– Selanjutnya, sampel darah tersebut diteteskan pada alat test rapid

– Lalu cairan pelarut sekaligus reagen akan diteteskan ditempat yang sama

– Hasil test akan keluar pada 10-15 menit setelah pengetesan awal

Jika hasil test positif, kemungkinan didalam tubuh terdapat virus SARS CoV-2. Namun, perlu dilakukan test lanjutan seperti Swab Test untuk benar-benar memastikan apakah virus tersebut memang terdapat dalam tubuh. Jadi bisa dibilang Rapid Test Antigen merupakan screening test yang dilakukan untuk mendeteksi antibodi seseorang terhadap kekebalan virus. 

Home Service Rapid Test Antigen di Neomed

Kini layanan Rapid Test Antigen semakin mudah akibat pelayanan home service dari Neomed. Pasien tak perlu repot-repot keluar rumah jika ingin melakukan Rapid Test Antigen  untuk keperluan perjalanan maupun pengobatan. Setelah reservasi, tim medis akan langsung datang memberikan layanan Rapid Test Antigen terdekat untuk Anda dan keluarga.

Informasi mengenai Home Service Rapid Test Antigen:

– Rapid Test Antigen ini dikenakan biaya sebesar Rp 205.000. 

– Waktu pemeriksaan setiap hari Senin-Minggu pukul 08.00-20.00 WIB

– Hasil pemeriksaan akan keluar 15 menit setelah pemeriksaan yang dikirimkan melalui email atau whatsapp pasien

– Hanya berlaku untuk pembayaran pribadi (Tunai, Debit, dan Kredit)

– Pemeriksaan home service bisa dilakukan dengan minimal 10 orang

– Harga promo yang ditawarkan belum termasuk biaya transportasi. Biaya transportasi akan disesuaikan dengan lokasi pasien. 

Mengapa harus melakukan Home Service Rapid Test Antigen dirumah?

– Pasien lebih nyaman dan tidak perlu perlu repot keluar rumah

– Prosesnya cepat dan akurat 

– Syarat perjalanan dan pengobatan 

– Biaya relatif terjangkau

Segera lakukan reservasi pemeriksaan Home Service Rapid Test Antigen di Neomed untuk memeriksakan kesehatan Anda dan keluarga. 

Minyak Telon Cap Lang untuk Meredakan Perut Kembung

Minyak Telon Cap Lang untuk Meredakan Perut Kembung

  • September 16, 2021

Minyak Telon Cap Lang adalah suatu produk minyak telon yang memiliki klaim dapat meredakan perut kembung dan memberikan kehangatan pada tubuh bayi. Hal ini karena jika bayi Anda perutnya sedang bermasalah atau mengalami kembung, maka bayi Anda justru lebih mudah rewel. Tak hanya itu saja, kondisi ruangan yang dingin atau cuaca dingin juga dapat menyebabkan si kecil jadi mudah terserang penyakit.

Penyebab Perut Kembung pada Bayi

1. Menelan Udara

Bayi Anda dapat menelan udara secara tidak sadar saat mulut tidak menempel pada payudara dengan benar, atau jika bayi menyusu atau minum dari botol dalam posisi tertentu. Bayi juga bahkan bisa menelan udara karena terlalu banyak mengoceh.

2. Menangis Secara Berlebihan

Bayi dapat menelan udara saat sedang menangis. Namun, terkadang hal ini juga bisa membingungkan, karena bisa saja gas yang menyebabkan bayi menangis, atau justru menangis bisa membuat bayi menelan gas.

3. Masalah Pencernaan Ringan

Gas juga bisa masuk ke tubuh bayi saat mereka mengalami sembelit. Pada kasus yang jarang, adanya gas pada tubuh bayi bisa saja menandakan terjadinya kondisi gastrointestinal seperti refluks.

4. Saluran Penceraan yang Belum Berkembang

Tidak seperti orang dewasa, tubuh bayi sedang belajar bagaimana cara mencerna makanan. Tak mengherankan jika bayi cenderung sering mengalami perut kembung daripada orang dewasa karena adanya gas yang terperangkap di tubuhnya. 

5. Virus yang Terdapat pada Saluran Pencernaan

Virus dapat menimbulkan masalah pada perut bayi, seperti gas, muntah, dan diare.

6. Mengonsumsi Jenis Makanan Baru

Pada bayi yang lebih tua, biasanya mulai mencoba mengonsumsi makanan padat. Jenis makanan baru ini dapat menimbulkan gas pada tubuh bayi. Untuk beberapa bayi, kembung bisa jadi suatu tanda kepekaan mereka terhadap makanan.

Cara Mengobati Perut Bayi Kembung

Beberapa pengobatan rumahan yang sederhana bisa membantu mengeluarkan gelembung gas dari tubuh bayi. Selain menggunakan Minyak Telon Cap Lang, Anda bisa melakukan beberapa metode berikut ini.

1. Menggerakkan Kaki Bayi dalam Lingkaran

Cobalah untuk membaringkan bayi secara telentang, lalu angkat kaki bayi dengan lutut yang ditekuk. Anda bisa menggerakkan kaki bayi dengan gerakan yang menyerupai aktivitas bersepeda untuk membantu bayi mengeluarkan gas yang terperangkap di tubuhnya.

2. Mengangkat Kepala Bayi

Tinggikan posisi kepala bayi di atas perutnya. Cobalah untuk memegang bayi dalam posisi tegak agar bisa bersendawa.

3. Membedong

Anda bisa membedong bayi baru lahir, karena metode ini juga bisa membantu mengeluarkan gas dari tubuhnya.

4. Menggendong Bayi Menghadap ke Bawah

Cobalah untuk menggendong bayi di lengan Anda, tetapi kepala bayi diposisikan menghadap ke bawah, alih-alih menghadap ke atas. Tahan kepala bayi, angkat sedikit, dan pastikan tidak ada yang menutupi wajah atau hidung bayi.

5. Memijat Perut Bayi

Anda juga bisa menggosok perut bayi dengan lembut. Tekanlah perut bayi dengan lembut searah jarum jam atau berlawanan dengan arah jarum jam. Biarkan reaksi bayi memandu tekanan yang Anda berikan.

6. Bantu Bayi Bersendawa

Anda juga bisa membantu bayi bersendawa dengan menggosok atau menepuk punggungnya dengan lembut.

7. Hibur dan Alihkan Perhatian Mereka

Bayi yang sudah lebih besar biasanya akan sering menangis karena rasa sakit ketika mereka bosan. Oleh karena itu, cobalah alihkan perhatian mereka dari rasa sakit karena ada gas di tubuhnya dengan mengajaknya menyanyi, menari, dan bermain bersama.

8. Terapkan Waktu Perut

Anda bisa menerapkan waktu perut saat bayi Anda masih terjaga dan diawasi. Waktu perut ini maksudnya adalah menempatkan bayi di perut mereka (seperti tengkurap) lalu biarkan mereka bergerak. Hal ini akan membantu memperkuat otot-otot tubuh bagian atas bayi, dan mendorong bayi untuk mengangkat kepala mereka. Hal ini dapat membantu untuk menghilangkan gas yang terperangkap dalam tubuh bayi, sekaligus merangsang perkembangan otot bayi yang sehat.

Anda juga bisa lebih mudah mengatasi perut kembung pada bayi dengan menggunakan Minyak Telon Cap Lang. Minyak Telon Cap Lang memiliki manfaat untuk memberikan kehangatan pada tubuh bayi, meredakan perutnya yang sedang kembung, serta mengurangi gatal yang terjadi usai digigit serangga. Anda bisa mendapatkan Minyak Telon Cap Lang dengan harga Rp 49.761 di apotek atau toko terdekat di kota Anda.

obat batuk cap ibu dan anak

Manfaat Kandungan Obat Batuk Cap Ibu dan Anak

  • August 27, 2021

Obat batuk cap ibu dan anak (Nin  Jiom Pei Pa Kao) adalah obat sirup herbal yang dapat mengobati keluhan batuk dan pilek pada anak. Di dalam obat terdapat kandungan bulbus fritillariae cirrhosae 852 mg, folium eriobotryae 195mg, radix adenophorae 27 mg, poria 27mg, exocarpium citri grandis 120mg, radix platycodonis 72mg, rhizoma pinelliae preparatum 27mg, fructus schisandrae chinensis 5mg, semen trichosanthis 27 mg, flos farfarae 120 mg, radix polygalae 120mg, semen armeniacae amarum 21mg, rhizoma zingiberis recens 27mg, radix glycyrrhizae 780 mg, mentholum 35 mg, dan aqua armeniacae 213mg. 

Beberapa manfaat obat:

– Membantu meredakan gejala batuk kering dan berdahak

– Meringankan gejala flu

– Meringankan sakit tenggorokan

– Membantu meredakan demam

– Memelihara kesehatan paru-paru

Cara penggunaan obat:

Tuangkan sirup obat batuk pada sendok lalu takaran minum dengan segelas air putih hangat. Atau Anda juga dapat meminumnya perlahan dengan menggunakan obat beserta air hangat. Obat ini dapat digunakan 30 menit-1 jam sebelum makan.

Dosis dan aturan pakai:

Orang dewasa : 3×1, 3 sendok takar (15 ml)

Anak 6-12 : 3×1, 2 sendok takar (10 ml)

Anak 3-6 : 3×1, 1 sendok takar (5 ml)

Cara penyimpanan obat:

– Simpan obat pada suhu ruangan yang stabil atau sekitar 25-30 derajat celcius

– Jangan menyimpan obat di ruangan terkena paparan sinar matahari langsung

– Simpan obat ditempat yang kering dan tidak lembab

– Obat ini dapat disimpan dilemari es dengan suhu 5-10 derajat, namun hindari penyimpanan di freezer.

– Tutup kembali tutup botol obat dengan rapat sesudah penggunaan

– Hindari menyimpan obat batuk lebih dari 2 bulan setelah obat pertama kali dibuka

– Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak

Apakah penggunaan Obat batuk Ibu dan anak  dapat menyebabkan efek samping? 

Belum ada penelitian khusus mengenai efek samping obat. Namun, karena obat ini  terbuat dari bahan-bahan herbal dan alami, penggunaan obat jarang menimbulkan efek samping yang berarti. 

Hentikan penggunaan obat jika terdapat reaksi alergi, dan masalah masalah kesehatan lainnya.

Peringatan sebelum mengkonsumsi Obat batuk Ibu dan anak:

  • Orang dengan riwayat alergi dengan kandungan obat tidak disarankan menggunakan obat ini kecuali mendapat arahan serta dianjurkan dari dokter.
  • Jangan menggunakan obat ini pada bayi, balita, serta anak dibawah tiga tahun
  • Sebaiknya tanya dan pastikan pada dokter apakah boleh mengkonsumsi obat batuk ibu dan anak saat Anda menggunakan obat-obatan lain seperti antibiotik, vitamin, maupun suplemen lain.
  • Obat ini dinilai aman bagi ibu hamil dan menyusui namun lebih baik jika mendapat arahan dokter sebelum penggunaan obat.
  • Hentikan penggunaan obat jika keluhan flu dan batuk tak juga membaik dalam tujuh hari pemakaian obat
  • Hentikan penggunaan Obat batuk ibu dan anak dan segera konsultasikan pada dokter jika terdapat keluhan serta efek samping yang mengganggu setelah penggunaan obat.

3 Rekomendasi Obat Jamur Kulit untuk Ibu Hamil

  • August 26, 2021

Infeksi jamur kulit bisa terjadi pada siapa saja, namun ibu hamil lebih rentan terkena infeksi jamur misalnya jamur vagina (Kandidiasis vulvovaginal). Infeksi jamur kulit selama kehamilan biasanya bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan, tapi gatal yang ditimbulkan pasti akan membuat penderitanya tidak nyaman. 

Jika Anda tak tahan dengan rasa gatalnya, Anda bisa membeli obat jamur kulit di apotek. Simak artikel berikut untuk mengetahui rekomendasi obat jamur kulit yang aman untuk ibu hamil. 

3 Obat jamur kulit untuk ibu hamil

Untuk mengobati infeksi jamur kulit pada ibu hamil, biasanya dokter akan meresepkan obat jamur kulit dengan kandungan imidazol (seperti butokonazol, klotrimazol, mikonazol) dan antijamur triazol karena dianggap paling aman. 

Berikut ini 3 obat jamut kulit yang aman digunakan selama kehamilan.

  1. Mycorine Krim

Mycorine Krim merupakan obat jamur kulit yang bisa digunakan untuk mengatasi infeksi jamur tinea corporis (kurap), tinea pedis (kutu air), tinea kruris (infeksi jamur di selangkangan), tinea vesikolor (panu), dan kandidiasis lainnya. Obat ini mengandung miconazole nitrat 2%. 

Setelah penggunaan obat, Anda mungkin akan mengalami efek samping seperti iritasi lokal atau sensasi terbakar. Efek samping tersebut akan hilang dengan sendirinya, namun jika semakin parah segera hentikan pengobatan dan segera temui dokter.

  1. Fungares

Selanjutnya adalah Fungares, krim jamur yang juga mengandung zat aktif miconazole nitrat. Fungares merupakan obat bebas terbatas sehingga penggunaannya harus sesuai dengan anjuran dokter, apoteker, atau tenaga kesehatan lainnya. 

  1. Elocon Krim

Elocon krim termasuk obat golongan steroid yang penggunaannya membutuhkan resep dokter. Obat jamur kulit ini mengandung bahan aktif mometasone furoate yang efektif meredakan peradangan dan gatal akibt infeksi jamur kulit, juga untuk psoriasis dan dermatitis atopik. 

Biasanya dokter hanya akan memberikan Elocon krim kepada ibu hamil jika dirasa manfaat dari obat lebih besar daripada kemungkinan efek sampingnya.

Tips mencegah infeksi jamur kulit pada ibu hamil

Metode pencegahan yang dilakukan tidak pasti akan melindungi ibu hamil dari infeksi jamur kulit. Namun Anda tetap bisa mengurangi risiko infeksi jamur, terutama jamur vagina dengan cara berikut:

  • Pilih celana dalam berbahan katun

Bahan katun menyerap keringat dan bisa membuat kulit bisa bernapas, Hindari menggunakan celana dalam yang terlalu ketat, dan disarankan untuk melepas pakaian dalam sebelum tidur.

  • Selalu gunakan celana kering

Ganti pakaian Anda setiap kali basah dengan pakaian bersih dan kering. Hindari mengenakan pakaian renang basah atau pakaian olahraga dalam waktu yang lama. 

  • Konsumsi probiotik

Makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt yang mengandung bakteri Lactobacillus acidophilus bisa membantu menjaga pH vagina tetap seimbang dan mencegah perkembangan bakteri jahat berlebih.

  • Hindari produk yang mengandung parfum

Jangan menggunakan produk kebersihan yang mengandung parfum dan berwarna. Hindari douching untuk sementara waktu jika Anda terbiasa menggunakannya. 

  • Bersihkan area genital dengan benar

Untuk mencegah penyebaran bakteri dan jamur, bersihkan area genital dari arah ke depan ke belakang. Membersihan dengan arah sebaliknya dapat meningkatkan risiko infeksi salurah kemih (ISK).

Catatan

Mencegah dan mengobati jamur kulit bisa dilakukan dengan perawatan rumahan dan cara alami. Tapi jika Anda tertarik untuk menggunakan obat jamur kulit, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Sebagian besar obat jamur kulit mengandung bahan keras bagi ibu hamil sehingga penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter.

Bedak My Baby Menyerap Biang Keringat

  • August 20, 2021

Bedak My Baby menyerap biang keringat si kecil seiring memasuki musim kemarau di Indonesia.

Karena biang keringat dapat mengakibatkan kulit bayi gatal hingga perih. Sebuah ancaman bagi kesehatan kulit bayi.

Kalaupun persoalan itu dibiarkan, tentu akan membuat bayi tidak nyaman dan rewel hingga sepanjang hari.

Dengan kondisi itu, Anda perlu menyiapkan bedak setiap saat. Khususnya Bedak My Baby Biang Keringat.

Mengingat bedak tersebut dirancang khusus untuk mengatasi biang keringat pada bayi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi.

Komposisi Bedak My Baby Biang Keringat

Bedak My Baby Biang Keringat terbuat dari bahan aktif yang dapat membantu menghambat kuman penyebab iritasi ringan.

Adapun kandungan formula pada My Baby Bedak Biang Keringat meliputi:

  • Zinc Oxide. Berfungsi membantu mengurangi iritasi ringan
  • Kaolin. Membantu menyerap keringat berlebih
  • Allantoin. Membantu meringankan luka akibat iritasi ringan

Manfaat (Indikasi)

  • Kulit bayi akan terasa sejuk dan terlindungi sepanjang hari
  • Merek kepercayaan ibu
  • Memiliki anti-bacterial formula
  • Mengandung Zinc Oxide yang membantu mengurangi iritasi ringan
  • Mengandung Kaolin yang membantu menyerap keringat berlebih
  • Mengandung Allantoin yang membantu meringankan luka akibat iritasi ringan
  • Aman digunakan sehari-hari

Tips dan Cara Pemakaian

Memakaikan bedak pada bayi tidak bisa sembarangan. Terdapat anjuran pemakaian yang tepat. 

Selain agar bayi tetap aman, pemakaian bedak yang tepat bisa memperbesar peluang mengatasi biang keringat.

Namun, pada umumnya untuk mencegah biang keringat, Anda harus memastikan kebersihan bayi dengan mandi teratur.

Kemudian, memakaikan bayi baju tipis yang menyerap keringat. Juga, perhatikan ventilasi rumah atau kamar bayi terdapat udara baik.

Selain beberapa hal di atas, berikut tambahan tips dan cara pemakaian Bedak My Baby yang tepat dan aman bagi bayi. 

  • Pastikan kulit bayi usai dibersihkan dan kering
  • Taburkan bedak sedikit ke tangan Ibu
  • Oleskan bedak ke setiap lipatan tubuh bayi yang banyak mengeluarkan keringat
  • Hindari mengoleskan bedak di area wajah dan lipatan paha (khusus perempuan).

6 Contoh Obat Antibiotik Untuk Berantas Penyakit Kulit

  • August 19, 2021

Memang rasanya sangat tidak mengenakkan saat anda sedang menderita penyakit kulit. Berbagai perasaan gatal yang berkecamuk, juga iritasi yang ditimbulkan membuat anda tidak nyaman untuk tidur. Pastinya anda langsung merasakan perasaan yang tidak enak, kan? Jangan tunggu sampai parah. Coba atasi dengan obat antibiotik untuk mengurangi rasa nyeri dan juga menghentikan gejalanya. Sebagai rekomendasi, berikut ini contoh obat antibiotik untuk mengobati penyakit kulit yang anda derita:

1. Amoxicillin Pharma Kaplet 500 Mg

Berantas bakteri yang menggerogoti tubuh anda dengan Amoxicillin Pharma Kaplet. Ini merupakan obat keras yang dirancang untuk mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk diantaranya penyakit kulit, radang tenggorokan, saluran kemih, hidung, serta telinga. Infeksi yang bisa diobati dengan Amoxicillin memang sangatlah banyak. 

Meski begitu, tidak serta merta obat Amoxicillin bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam keluhan. Demam dan Flu tidak bisa diobati dengan Amoxicillin. Gunakan Amoxicillin untuk mengatasi penyakit kulit anda saat dirasa gejala ruam dan gatal sudah muncul. Namun, bila terjadi tanda-tanda kulit mengelupas atau melepuh, silahkan hentikan penggunaan dan segera konsultasikan dengan dokter. 

2. Azithromycin Kaplet 500 Mg

Contoh obat antibiotik lain yang digunakan untuk mengatasi keluhan penyakit kulit adalah Azithromycin Kaplet. Obat ini berguna melawan bakteri ringan yang menyerang kulit. Bagi penderita penyakit kulit pada kelamin, bisa manfaatkan Azithromycin Kaplet sehari sekali. Anda pun bisa menggunakannya selama lima hari sampai penyakit sudah sembuh. Namun, tetap perhatikan takaran dosisnya. Anda tidak boleh menggunakannya dalam jangka panjang. Pasalnya, efek samping Azithromycin kaplet ini berkaitan dengan gangguan pencernaan. 

3. Clindamycin Kapsul 150 mg

Obat antibiotik Clindamycin Kapsul, digunakan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Obat ini digunakan untuk mengatasi berbagai macam infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Tak hanya untuk mengatasi gangguan penyakit kulit, obat antibiotik ini juga sangat bagus digunakan untuk mengatasi berbagai macam keluhan seperti permasalahan darah dan juga organ reproduksi wanita. Obat keras ini memerlukan resep dokter untuk pengaturan dosisnya. 

4. Doxycycline Yarindo Kapsul 100 mg

Obat antibiotik ini digunakan untuk mengatasi berbagai macam infeksi di berbagai macam jaringan lunak, saluran kemih, serta saluran pernafasan. Konsumsi setiap harinya sebelum atau sesudah makan untuk mendapatkan berbagai macam manfaatnya. Sebelum mengonsumsinya, pastikan untuk mendapatkan resep dokter. Pasalnya, Doxycycline merupakan obat keras yang memerlukan saran konsumsi. Selain itu, beberapa penderita penyakit tertentu seperti Myasthenia Gravis dan gangguan ginjal serta hati dilarang mengonsuymsy Doxycycline. 

5. Erythromycin Yarindo Tablet 500mg 

Anda yang sedang mengalami infeksi jaringan lunak dan juga kulit, bisa gunakan Erythromycin sebagai obat untuk mengatasi berbagai keluhan. Anda juga bisa menggunakan Erythromycin untuk mengobati masalah Jerawat yang mengganggu. Pastikan untuk mengonsumsinya setiap hari ketika perut dalam keadaan masih kosong. Disarankan untuk mengonsumsinya 30 menit sebelum makan siang. 

6. Mupirocin Salep 2%

Selain digunakan untuk mengatasi infeksi kulit, namun obat antibiotik Mupirocil Salep juga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri. Selain itu, untuk anda yang ingin mengatasi iritasi pada ketiak, bisa gunakan obat ini dengan mengoleskannya tipis-tipis. 

Beberapa contoh obat antibiotik ini sangat baik digunakan untuk memberantas masalah penyakit kulit anda. Pastikan untuk meminta resep dokter karena daftar obat antibiotik yang tertera di sini adalah obat keras. Jangan sampai melewatkan jadwal oles atau menggandakan dosis supaya tidak terjadi efek samping. 

8 Rekomendasi Riasan Mata Murah, Ada Eyeshadow Madame Gie 

  • August 12, 2021

Eyeshadow penting untuk menonjolkan keindahan mata saat makeup. Kini bahkan tersedia berbagai pilihan warna, seperti natural, nude, bold, sampai colorful. Salah satu produk yang terkenal di antara pecinta makeup adalah eyeshadow Madame Gie

Madame Gie merupakan brand kecantikan yang didirikan oleh Gisella Anastasia. Banyak produk-produk kecantikan Madame Gie digandrungi karena produknya bagus dan harganya cukup terjangkau. Namun, ada banyak pilihan eyeshadow murah yang bisa Anda coba. Berikut beberapa rekomendasinya.

Eyeshadow Terbaik dengan Harga Murah

  1. Madame Gie

Eyeshadow Madame Gie ini ada banyak jenisnya. Mulai dari eyeshadow satu warna hingga berbagai warna dalam palette eyeshadow. 

Madame Gie Going Solo adalah eyeshadow Madame Gie yang punya beraga, warna dengan finish look matte. Berbagai varian warna untuk eyeshadow ini mulai dari natural hingga bold yang bisa disesuaikan dengan berbagai acara yang akan dihadiri. 

Selain Going Solo, ada pula eyeshadow Madame Gie Moondust Temptation. Riasan mata ini punya banyak pilihan warna dalam satu palette. Kemasannya ringan, dan sudah dilengkapi dengan cermin dan kuas. 

Untuk harga, produk-produk Madame Gie ini memang tak perlu diragukan lagi. Untuk eyeshadow Madame Gie Going Solo, dijual mulai dari harga Rp20.000. Sedangkan Madame Gie Moondust Temptation dijual dengan harga Rp 38.000 saja.

  1. Just Miss

Jika ingin riasan mata yang terlihat berbeda, Anda bisa mencoba Just Miss Eyeshadow dengan lima kombinasi warna bertekstur metalik. 

Pigmentasi eyeshadow ini juga sempurna dan mudah diaplikasikan dengan jari. Produk ini dijual mulai dari harga Rp29 ribu saja.

  1. Implora Eyeshadow Palette

Eyeshadow palette ini menghadirkan 12 warna yang sangat bagus. Pilihan warna yang diberikan juga sangat menarik, mulai dari natural hingga yang berwarna cerah. Untuk mendapatkan warna-warna menarik ini, Anda cukup membayar seharga Rp 22 ribuan saja.

  1. Viva Eye Shadow Duo

Viva merupakan produk legendaris yang dikenal hampir oleh semua orang. Nah, eyeshadow dari Viva ini juga tak kalah bagus dari eyeshadow lainnya. Dalam satu kemasan terdapat 2 pilihan warna yang sudah dirancang untuk shading dan highlight di bagian kelopak mata. Harganya tentu saja terjangkau tanpa bikin kantong jebol, yaitu hanya Rp 25 ribuan saja.

  1. Red-A Eyeshadow

Brand Red-A juga punya eyeshadow yang bertekstur ringan, lembut, dan mudah dibaurkan. Eyeshadow ini sangat cocok digunakan bagi pemula yang mulai mencoba penggunaaan eyeshadow. Dalam satu palette eyeshadow Red-A ini ada 2 warna. Eyeshadow Red-A hanya dijual Rp 25 ribu saja.

  1. QL Cosmetic Eyeshadow

QL Cosmetic Eyeshadow ini tersedia dalam kombinasi 4 warna dalam satu palette. Eyeshadow ini juga mengandung vitamin E dan UV filter yang melindungi dari paparan sinar matahari. 

Tekstur eyeshadow ini mudah diaplikasikan dan bertahan lama. Produk ini bisa didapat dengan harga Rp30 ribuan saja.

  1. Emina Pop Rouge Pressed Eyeshadow

Emina juga punya produk eyeshadow yang tak kalah bagusnya. Tersedia 3 pilihan warna dalam satu palette yang bisa Anda kreasikan untuk menghasilkan riasan mata menarik. Untuk mendapatkan produk ini, Anda cukup merogoh kocek Rp 34 ribu saja.

  1. Mizzu Gradical Eyeshadow

Eyeshadow dari Mizzu juga patut Anda coba. Dalam satu palettenya, berisi 3 warna berbeda yang cocok untuk penggunaan makeup sehari-hari yang santai. Harga eyeshadow ini cukup murah, yaitu Rp 34 ribuan saja. 

Itulah 8 rekomendasi produk eyeshadow yang dijual dengan harga murah di bawah Rp 50 ribuan. Meskipun murah, tentu kualitas produk ini bukan kaleng-kaleng. Patut dicoba!

Cara Memilih Masker Anti Debu dan Tips Menggunakannya

  • August 6, 2021

Masker anti debu termasuk salah satu solusi terbaik untuk melindungi Anda dari paparan. Ada banyak pilihan masker untuk melawan debu, termasuk masker non-medis.

Meski tidak serapat masker medis, masker non-medis tetap bisa memberikan perlindungan penting. Paling tidak, masker tipe ini dapat membantu mengurangi penyebaran droplets dan debu di udara.

masker anti debu terbaik

Masalahnya, ada begitu banyak pilihan masker non-medis yang bisa Anda dapatkan secara bebas. Banyaknya pilihan ini mungkin membuat justru membuat Anda bingung. 

Oleh sebab itu, kali ini SehatQ akan membagikan panduan singkat cara memilih masker anti debu dan tips menggunakannya. Yuk disimak!

Cara memilih masker anti debu (non-medis)

Menurut WHO, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih masker anti debu atau masker non-medis, di antaranya:

Jenis bahan

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah jenis bahan yang digunakan dalam masker tersebut. Material yang digunakan tidak hanya harus efektif melindungi Anda, tapi juga masih bisa membuat Anda bernapas dengan nyaman.

Anda sebaiknya mencari masker yang masih bisa memberi Anda ruang bernapas sekaligus memiliki tingkat filtrasi yang sangat baik untuk menyaring partikel aerosol.

Untuk masker kain, Anda bisa memilih bahan campuran katun dan polyester. Untuk masker non-medis yang dijual bebas, cari bahan yang lembut dan berlapis.

Struktur masker

Selain memperhatikan bahan, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana susunan masker tersebut. Masker anti debu non-medis minimal harus terdiri dari dua lapis.

Produk yang kebanyakan dijual saat ini menggunakan 3 lapis bahan (3-ply). Biasanya lapisan terluar bersifat hydrophobic, alias dapat menolak air dan droplet.

Sebaliknya, lapisan terdalam yang bersentuhan dengan mulut Anda tidak bersifat hydrophobic dan harus menggunakan bahan yang lembut.

Apa material yang aman?

Memilih material masker tidak semudah yang Anda kira. Anda harus memperhitungkan material utama dan kombinasi lain yang digunakan.

Perlu diingat, masker anti debu biasanya disusun berlapis dan setiap lapis menggunakan material yang berbeda-beda. Nah sebaiknya Anda melihat sertifikasi yang tercantum dalam kemasan produk

Masker seperti KN95 atau KN94 mungkin sudah sangat aman, tapi Anda perlu memperhatikan masker non-medis lainnya yang dijual bebas di pasaran.

Menggunakan masker

Nah setelah memilih masker yang sesuai dengan kebutuhan Anda, yang tidak kalah penting adalah menggunakan dan mengelola masker dengan benar.

Sebaiknya masker hanya digunakan oleh satu orang saja. Masker harus tetap kering, segera ganti jika basah.

Masker seperti KN95 dan KN94 mungkin bisa Anda gunakan berulang, tapi beri jeda seminggu dan taruh masker dalam kantong terpisah (satu per satu) untuk digunakan lagi.

Tips menggunakan masker

Menggunakan masker non-medis memang memerlukan kehati-hatian ekstra. Anda harus memastikan masker benar-benar bisa memberikan perlindungan aman.

Berikut sejumlah tips yang sebaiknya dilakukan dan yang harus Anda hindari dalam penggunaan masker non-medis.

Hal yang sebaiknya dilakukan

  • Gunakan masker non-medis untuk melindungi diri Anda dan orang lain
  • Pastikan masker terdiri dari 3 lapis
  • Periksa lubang atau sobekan pada masker sebelum digunakan
  • Pastikan masker kering dan bersih
  • Cuci tangan Anda dengan sabun atau gunakan hand sanitizer sebelum dan setelah menyentuh masker
  • Untuk memasang dan melepas masker, pegang talinya, jangan badan masker
  • Pastikan mulut dan hidung Anda terlindungi total
  • Jika Anda menggunakan masker kain, cuci dengan air panas dan sabun, biarkan mengering total sebelum digunakan lagi
  • Simpan masker di wadah bersih sebelum menggunakannya lagi

Hal yang sebaiknya tidak dilakukan

  • Jangan memakai masker longgar
  • Jangan menyentuh masker saat memakainya
  • Jangan lepas masker saat berbicara dengan orang lain
  • Jangan menggantung masker di leher atau di telinga
  • Jangan menggunakan kembali masker yang sudah lembap, kotor, atau rusak

Demikian tips memilih dan menggunakan masker anti debu (non-medis) yang bisa Anda gunakan sehari-hari. Nah setelah memahami tips memilih masker yang tepat, simak rekomendasi masker non-medis berikut ini ya!

Jangan Sepelekan! Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kutil di Penis

Kutil di Penis, Jangan Sepelekan Penyebabnya!

  • August 5, 2021

Kutil adalah salah satu jenis penyakit kulit yang dapat terjadi dibagian tubuh mana saja. Penyakit kulit ini umumnya disebabkan oleh virus bernama human papilloma virus (HPV). Jika penyakit ini tumbuh di kelamin, seperti munculnya kutil di penis, jelas akan membuat penderitanya menjadi tidak nyaman serta kurang percaya diri. 

Kemungkinan penyebab kutil di penis

Penderita kutil di penis atau kelamin akan merasakan beberapa gejala berupa rasa gatal pada penis, gatal yang disertai nyeri, hingga timbulnya sensasi rasa terbakar pada penis. Tak hanya dapat muncul pada bagian penis, kutil juga bisa terdapat pada bagian skrotum, pangkal paha, dan bahkan sekitar anus.  Lalu, bagaimana sebenarnya virus ini bisa menginfeksi seseorang? Simak penjelasan berikut:

1. Hubungan seksual yang tidak aman

Orang yang aktif secara seksual tanpa menerapkan “safe sex” cenderung lebih mudah terkena virus HPV yang dapat menyebabkan timbulnya kutil pada penis. Saat kelamin penderita HPV bersentuhan langsung dengan kelamin pasangannya, bisa jadi disitulah virus dapat menular. Tak hanya lewat kelamin, anal sex juga bisa memicu terjadinya perpindahan virus yang akhirnya juga dapat menyebabkan timbulnya kutil dibagian anus.

2. Sering bertukar pasangan

Sering bertukar pasangan sex akan membuat seseorang lebih rentan terkena human papilloma virus (HPV). Saat bergonta-ganti pasangan, kita tidak tahu apakah orang tersebut bebas dari penyakit-penyakit berbahaya seperti HPV serta AIDS yang dapat menyebabkan masalah-masalah serius pada kelamin.

3. Sharing alat bantu sex (sex toys)

Alat bantu sex yang digunakan secara bergantian dengan penderita HPV dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit kulit pada kelamin seperti kutil di penis. Ini disebabkan oleh pindahnya virus yang menempel pada alat bantu sex yang tidak dibersihkan dulu sebelumnya.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit kutil di penis. Sebenarnya, penyakit ini bisa dihindari dengan menerapkan sex yang sehat setiap kali ini melakukan aktifitas seksual. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko terkena kutil pada penis dengan menerapkan “safe sex”:

4. Menggunakan alat pengaman 

Sex dengan alat pengaman adalah cara yang paling baik untuk melindungi kelamin dari berbagai masalah serta penyakit kelamin yang bisa saja mengintai. Dengan menggunakan alat pengaman, resiko tertular penyakit dapat dengan mudah diminimalisir serta dihindari.

5. Jangan bertukar pasangan

Seringnya bertukar pasangan sex sebenarnya hanya akan menimbulkan dampak buruk setelahnya. Sebab, cairan atau darah yang tertukar saat melakukan hubungan sex dengan orang yang mungkin terkena penyakit seksual akan sangat mudah membuat pasangan terkena penyakit yang sama. Untuk itu, sebaiknya hentikan kebiasaan bergonta-ganti pasangan jika tidak mau merasakan resiko penyakit kelamin yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

6. Stop berbagi alat bantu sex

Penggunaan alat bantu sex bersamaan dengan orang lain hanya akan memicu berbagai penyakit muncul mulai dari gatal, infeksi, hingga pindahnya virus HPV pada kelamin. Untuk mengurangi resiko, hentikan penggunaan alat bantu sex bersamaan dengan orang lain.

7. Rutin periksakan ke dokter

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko terkena kutil di penis adalah dengan rutin memeriksakan kesehatan kelamin pada dokter. Dengan rutin memeriksakannya, penyakit-penyakit yang bisa saja mengintai alat kelamin, seperti kutil di penis dapat segera diminimalisir dan cepat diatasi.