3 Rekomendasi Obat Jamur Kulit untuk Ibu Hamil

  • August 26, 2021

Infeksi jamur kulit bisa terjadi pada siapa saja, namun ibu hamil lebih rentan terkena infeksi jamur misalnya jamur vagina (Kandidiasis vulvovaginal). Infeksi jamur kulit selama kehamilan biasanya bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan, tapi gatal yang ditimbulkan pasti akan membuat penderitanya tidak nyaman. 

Jika Anda tak tahan dengan rasa gatalnya, Anda bisa membeli obat jamur kulit di apotek. Simak artikel berikut untuk mengetahui rekomendasi obat jamur kulit yang aman untuk ibu hamil. 

3 Obat jamur kulit untuk ibu hamil

Untuk mengobati infeksi jamur kulit pada ibu hamil, biasanya dokter akan meresepkan obat jamur kulit dengan kandungan imidazol (seperti butokonazol, klotrimazol, mikonazol) dan antijamur triazol karena dianggap paling aman. 

Berikut ini 3 obat jamut kulit yang aman digunakan selama kehamilan.

  1. Mycorine Krim

Mycorine Krim merupakan obat jamur kulit yang bisa digunakan untuk mengatasi infeksi jamur tinea corporis (kurap), tinea pedis (kutu air), tinea kruris (infeksi jamur di selangkangan), tinea vesikolor (panu), dan kandidiasis lainnya. Obat ini mengandung miconazole nitrat 2%. 

Setelah penggunaan obat, Anda mungkin akan mengalami efek samping seperti iritasi lokal atau sensasi terbakar. Efek samping tersebut akan hilang dengan sendirinya, namun jika semakin parah segera hentikan pengobatan dan segera temui dokter.

  1. Fungares

Selanjutnya adalah Fungares, krim jamur yang juga mengandung zat aktif miconazole nitrat. Fungares merupakan obat bebas terbatas sehingga penggunaannya harus sesuai dengan anjuran dokter, apoteker, atau tenaga kesehatan lainnya. 

  1. Elocon Krim

Elocon krim termasuk obat golongan steroid yang penggunaannya membutuhkan resep dokter. Obat jamur kulit ini mengandung bahan aktif mometasone furoate yang efektif meredakan peradangan dan gatal akibt infeksi jamur kulit, juga untuk psoriasis dan dermatitis atopik. 

Biasanya dokter hanya akan memberikan Elocon krim kepada ibu hamil jika dirasa manfaat dari obat lebih besar daripada kemungkinan efek sampingnya.

Tips mencegah infeksi jamur kulit pada ibu hamil

Metode pencegahan yang dilakukan tidak pasti akan melindungi ibu hamil dari infeksi jamur kulit. Namun Anda tetap bisa mengurangi risiko infeksi jamur, terutama jamur vagina dengan cara berikut:

  • Pilih celana dalam berbahan katun

Bahan katun menyerap keringat dan bisa membuat kulit bisa bernapas, Hindari menggunakan celana dalam yang terlalu ketat, dan disarankan untuk melepas pakaian dalam sebelum tidur.

  • Selalu gunakan celana kering

Ganti pakaian Anda setiap kali basah dengan pakaian bersih dan kering. Hindari mengenakan pakaian renang basah atau pakaian olahraga dalam waktu yang lama. 

  • Konsumsi probiotik

Makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt yang mengandung bakteri Lactobacillus acidophilus bisa membantu menjaga pH vagina tetap seimbang dan mencegah perkembangan bakteri jahat berlebih.

  • Hindari produk yang mengandung parfum

Jangan menggunakan produk kebersihan yang mengandung parfum dan berwarna. Hindari douching untuk sementara waktu jika Anda terbiasa menggunakannya. 

  • Bersihkan area genital dengan benar

Untuk mencegah penyebaran bakteri dan jamur, bersihkan area genital dari arah ke depan ke belakang. Membersihan dengan arah sebaliknya dapat meningkatkan risiko infeksi salurah kemih (ISK).

Catatan

Mencegah dan mengobati jamur kulit bisa dilakukan dengan perawatan rumahan dan cara alami. Tapi jika Anda tertarik untuk menggunakan obat jamur kulit, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Sebagian besar obat jamur kulit mengandung bahan keras bagi ibu hamil sehingga penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter.

Hamlin

E-mail : admin@k-koakuma.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*